Sukses Dengan Rumah Makan

Membuka restoran baru memerlukan perencanaan yang hati-hati. Banyak orang bermimpi membuka restoran sendiri. Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk Anda mulai.


Tingkat Kesulitan: Tinggi

Waktu yang diperlukan: Dimanapun diantara beberapa bulan sampai satu tahun atau lebih, tergantung pada lokasi, konsep, dan ukuran.

Perhatikan Hal Hal berikut:

1. Tentukan Konsep restoran
Langkah pertama didalam membuka rumah makan baru adalah memutuskan jenis rumah makan apa yang akan dijalankan.
-         Apakah anda melihat peluang bagus untuk membuka rumah makan?
-         Rumah makan sederhana?
-         Apakah anda memiliki tipe masakan yang khusus yang akan Anda sajikan? (seperti chines food, Ayam Suharti, Mbok Berek, dll)

Kemungkinan anda ingin membuat rumah makan dengan masakan khusus sesuai dengan pilihan anda. Dan sebelum anda berpikir ke langkah ke 2 dibawah ini, terlebih dahulu harus anda tentukan jenis restoran yang ingin dibuka.

2. Pemilihan Lokasi Restoran
Pikirkan dengan cermat tantang lokasi, lokasi, dan lokasi. Sebab lokasi yang keliru akan membuat atau merusak pasaran rumah makan anda.

Sebelum anda menjalankan dan menyewa lokasi untuk rumah makan, yang menjadi PR anda adalah :
-       Cari lokasi rumah makan berada di daerah sibuk, dengan banyak lalu lintas pejalan kaki.
-         Ada tempat untuk parkir (motor & mobil).
-         Jika sebelumnya ditempat tersebut pernah ada beberapa rumah makan lain yang buka terus tutup, buka dan tutup lagi (adalah peringatan keras dan jelas jangan memilih tempat itu, jika kasus itu terjadi)

3. Pemilihan Nama Restoran
Langkah yang paling menarik dan menyenangkan dalam membuka rumah makan baru. Pilihlah nama restoran yang memiliki arti tertentu. Nama rumah makan ini dapat mencerminkan dari tema anda atau lokasi rumah makan (Seperti contoh : Gudeg Bu Tjitro, Ayam Suharti, Ayma Bakar Wong Solo, Kentucky Fried Chicken, Gudeg Wijilan, Ayam Juanda, dll)

4. Buat Bisnis Plan Restoran
Ada 2 alasan penting perlunya membuat bisnis plan rumah makan.
1.   Ini akan membantu anda melihat permasalahan yang besar dalam membuat rencana rumah makan, seperti tidak mencukupinya dasar populasi keramaian lingkungan  atau lokasi yang buruk.
2.    Tidak ada bank mau membiayai anda tanpa alasan yang kuat.
 
5. Cari Pembiayaan
Mencari pembiayaan dari Bank ini adalah langkah yang menghentikan kebanyakan orang yang benar benar berniat membuka rumah makan sendiri.
Pembiayaan. Meskipun semakin sulit mendapatkan pembiayaan untuk mebuat usaha rumah makan, bukan tidak mungkin untuk mendapatkannya. Berusahalah mencari diantara beberapa bank, lembaga usaha kecil, investor, yang memungkinkan untuk memberikan pembiayaan usaha rumah makan anda. Tapi anda perlu menunjukan kesiapan wawancara dan profesional, (tunjukkan kepada investor potensial bahwa anda tahu apa yang anda lakukan).

6. Penerapan untuk Lisensi dan Izin
Membuat dan mendapatkan lisensi dan izin membutuhkan waktu beberapa minggu, bahkan berbulan-bulan untuk disetujui.
Selanjutnya, segeralah setelah anda mendapatkan sumber Pembiayaan, untuk mulai mengisi dokumen. lisensi umum dan izin untuk membuka usaha rumah makan.

7. Desain Restoran
Sebuah ruang kosong besar akan cepat terisi ketika anda mulai menambahkan dapur komersial, tempat pajangan menu, tempat kulkas, dan meja makan.
Desain restoran harus menjaga keseimbangan antara estetika dan kapasitas tempat duduk, selalu berpikir dalam kepraktisan.

8. Penulisan Menu Restoran
Menu restoran harus ditulis dengan deskriptif, mudah dibaca, lay out yang rapi dan jelas. Hindari hal hal yang tidak perlu dalam membuat daftar menu rumah makan termasuk clip art dan kata kata penyangkalan yang terlalu banyak.

9. Peralatan dan Perlengkapan Restaurant
Setelah anda memiliki desain restoran, selanjutnya beli / siapkan peralatan dapur komersial dan furniture untuk ruang makan dan perlengkpan lain di bagian depan rumah makan.
Untuk menghemat uang, pertimbangkan dengan baik didalam membeli peralatan yang akan digunakan, termasuk biaya sewa barang barang.

10. Karyawan Restoran
Ketika sudah dekat dengan hari pembukaan rumah makan anda, lakukan  perekrutan tenaga kerja untuk dapur, kebersihan, waiters dan semua bagian yang terintegrasi di dalam rumah makan anda, dan pekerjakan orang yang tepat untuk setiap posisi.

11. Promosikan Restoran Baru Anda
Promosi merupakan suatu keharusan untuk restoran baru anda, banyak cara untuk melakukan promosi rumah makan, antara lain adalah :
-       Bisa dilakukan melalui periklanan tradisional, seperti surat kabar, iklan radio, atau media baru lainnya.
-     Gunakan situs media sosial, seperti Twitter, MySpace dan FaceBook, untuk menyebarkan berita tentang tempat baru Anda.
-         Membuat situs / blog tentang produk dan kualitas Rumah Makan anda.
-         Brosur, spanduk, kartu nama.
-         Memberikan sample produk kepada orang yang menjadi target.

Yang Perlu Disiapkan Untuk Diri Sendiri adalah :
-         Kesabaran.
-         Ketekunan & Keteguhan Hati
-         Ulet
-         Kreatif
-         Miliki Rasa Humor


0 Response to "Sukses Dengan Rumah Makan"

Poskan Komentar

My Headlines